contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

Sunday, February 28, 2010

Mahasiswa, sudah sepantasnya mereka berkreasi, mengembangkan sayapnya di tanah kreatifitas, sebuah simulasi dari kejamnya hidup yang amat dekat dan nyata.

Begitulah hidup, ketika segala sesuatunya telah menjadi budak dari UANG! ya, segala sesuatunya menggunakan uang, dari A sampai Z. Sisi buruknya ialah matinya langkah para mahasiswa untuk berkreasi. Segala acara mahasiswa pastinya memerlukan uang, baik bakti sosial, pentas seni, Pengajian, dan kumpul keakraban biasa

Untuk mencegah hal itu maka mahasiswa yang merupakan suatu "intelek" masa depan, "penerus bangsa" dan minimal "pelaksana kehidupan nyata" dituntut untuk dapat menghasilkan uang diluar kuliahnya, tanpa mengandalkan sponsor / penyandang dana dengan cara halal dan pastinya terhormat, yang dikenal dengan nama fundraising (DANUS)
Sebagai seseorang yang bisa dibilang cukup makan asam garam di bidang perdanusan, saya akan memberikan sedikit tips dan trik serta keluh kesah dalam melakukan perdanusan, karena Ilmu tak diamalkan bagai pohon tak berbuah.

DANUS, dari singkatan DANA dan USAHA. yaitu sebuah trend, kebiasaan, serta suatu metode dalam menghasilkan uang, baik secara korporat, lembaga, kepanitiaan, bahkan individu. Satu hal yang menarik dari DANUS adalah, dimana merupakan usaha mandiri dalam mendapat dana tanpa terlibat pihak2 terkait dan tanpa kontraprestasi yang banyak diperjual belikan.

Disaat anda terjun ke dunia DANUS ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dan dilakukan, diantaranya :

1. JANGAN PERNAH MERASA MALU. Karena Seseorang yang terjun ke dunia danus adalah orang dengan loyalitas tinggi, kreatif, cerdik, dan jeli (sisanya mohon ditambahkan).

2. SELALU POSISIKAN DIRI ANDA SEBAGAI KONSUMEN. Sekali lagi ya, konsumen adalah raja, pedagang tanpa konsumen sama dengan apel yang berada dalam kantong kedap udara. Tidak ada yang memakan dan juga tidak ada yang dapat membusukkan dan menjadi hara bagi tanah.
Contoh : Jika anda tidak ingin dirugikan saat anda berbelanja ke pasar, jangan pernah merugikan pelanggan anda

3. JELI. Selalu Jeli melihat kebutuhan konsumen, pola hidup masyarakat, selera, waktu dan kepuasan konsumen. apakah yang selalu dibutuhkan konsumen? kapan ia membutuhkannya? seperti apa yang ia butuhkan? apakah dia sudah puas dengan pelayanan yang anda berikan? jika belum terus lakukan dan JANGAN PERNAH MALU DAN TAKUT BEREKSPERIMEN.JELILAH DALAM MENCARI PANGSA PASAR. Anda adalah penjual yang tentunya ingin agar apapun yang anda jajakan laku terjual. Jangan pernah menjual Es krim di musim Hujan, Menjual Terompet di bulan maret, dan Menjual makanan di siang hari dibulan puasa.

Contoh : Jangan berjualan risol di asrama putra IPB, cobalah berjualan MOLEN, karena dengan harga yang sama kekenyangan yang didapat oleh Putra yang "hemat" lebih besar.Jangan pernah menjajakan coklat jika konsumen anda sedang batuk. Kalau tidak tahu? maka JELI-lah


4. BE CREATIVE. Tanpa kreativitas anda akan selalu terbentur dengan banyaknya pesaing. Ciptakan sebuah ide segar dalam berusaha, baik metode pemasaran, barang yang dijual, atau mungkin ide spesial dalam barang yang sama dibanding pesaing-pesaing anda.

5. CONNECTION IS THE PRIME. Koneksi adalah hal utama. Jaringan, kekerabatan yang baik akan mendukung anda dalam melakukan usaha anda. Lakukanlah selalu perdagangan yang jujur dan tidak merugikan sebelah pihak. Yakinkan konsumen anda bahwa barang yang anda jual selalu merupakan yang terbaik, dan pelayanan yang anda berikan nomor satu, sehingga anda mendapatkan sebuah "pelanggan tetap" yang selalu percaya akan tawaran anda. Selalu Jaga hubungan baik, silaturahmi baik dengan teman, pelanggan, bahkan pesaing anda. Jangan sungkan memberi bonus pada pelanggan anda, tetapi jangan pernah menjadikan anda sebagai penyaji yang dapat diperas.
Contoh : Manfaatkan koneksi2 anda. Mencoba mendapat modal dari mereka atau jajakanlah kepada mereka

6. UANG BUKANLAH SATU SATUNYA MODAL. Ketahuilah disaat anda bergantung dengan uang, hal yang akan berbalik kepada anda adalah buntunya usaha dan gagalnya start anda. Bersyukurlah jika anda memiliki modal finansial yang cukup dan dapat menjalankan (memulai) usaha anda, tetapi jika anda tidak memiliki Uang jangan khawatir, karena anda dapat meminjam dengan orang yang terpercaya dan percaya terhadap anda.

7. TIME IS MORE THAN MONEY, THE EARLY BIRD GOT THE BIGGER WORM . Ya, Waktu lebih berharga dari uang. Burung yang bangun lebih pagi mendapat cacing yang lebih besar. Jangan pernah ragu untuk awali hari anda lebih awal, berdoa, dan pergilah untuk mendapat suplai usaha anda, atau pergilah menjajakan lebih pagi. Tetapi ingat, jelilah dalam memilih waktu, karena apabila terlalu pagi anda belum tentu mendapat pelanggan, dan terlalu siang anda akan kalah bersaing. Lebih baik menunggu daripada terlambat.

8. JANGAN PERNAH MALU UNTUK BERTANYA DAN BELAJAR. Hidup adalah pembelajaran, jangan pernah berhenti belajar dan bertanya bila tidak tahu, diatas langit masih ada langit. Bertanyalah pada mereka yang lebih sukses, pelajari dan terapkan, bertanyalah apa mau konsumen, pelajari dan coba terapkan.Bila anda telah cukup sukses, amalkan ilmu yang pernah anda dapat, sehingga amal anda akan terus berjalan dan orang lain mendapat manfaatnya

9. BE HONEST. Jangan Pernah bertindak curang, memalsukan bahan, mengatur timbangan, menipu kembalian bahkan mencuri.

10. IKHLAS. Ya, ikhlaslah, karena Segala sesuatunya telah diatur dari sang pencipta, rejeki yang anda dapat sudah ada mengatur. Jangan mengeluh dengan Pendapatan yang sedikit, atau iri dengan pesaing anda. Jangan pula beranggapan bahwa dengan menDanus anda merugi. Apa yang anda beri adalah apa yang akan anda dapat.Sejujurnya Allah telah mengatur rizki hambaNya. Jalani dengan sebaik mungkin. Apa yang anda lakukan adalah cerminan apa yang anda akan dapatkan nantinya.

Hm.... hanya segitu dulu yang bisa saya share pada teman2 seperjuanganku di Danus. semoga sedikit kata-kata sederhana dari saya dapat memacu semangat teman2 dan terus berjuang di dunia PerDANUSAN.

Last Words.
"YOU ARE WHAT YOU SOLD", 

1 comments:

  • Nova Imoet on February 28, 2010 at 7:15 PM

    tulisan yang bagus,,,,
    terima kasih ya...

  • Post a Comment

    Sebuah kisah sederhana seorang anak muda

    About Me

    My photo
    Seorang anak manusia bernama Iqdam. Entah sejak kapan teman-temannya memanggil dengan tambahan huruf 'n' dibelakang (baca: Iqdamn, lafal: ikdem) tetapi tidak memiliki IQ yang berada dibawah rata-rata. Just Above Average. Berprofesi sebagai mahasiswa semester 3 Biologi IPB (terdengar seram bukan!?). Dituntut untuk mencintai segala jenis mahluk hidup dari yang terkecil hingga berukuran 50x besar manusia (just guess what are they)

    Followers


    Iaas The 2nd Family

    Kampuskuu